Bagi si kecil, rutinitas mandi adalah cara terbaik untuk menghindarkannya dari bakteri. Oleh sebab itu, Bunda pasti butuh sabun bayi terbaik yang mampu mengangkat kotoran sekaligus melindungi si kecil dari penyakit. Di sini, Bunda perlu memilih produk yang aman bagi kulit si kecil. Meskipun terdapat produk berlabel non-additive atau baby friendly, tidak menutup kemungkinan adanya bahan yang menjadi alergen bagi kulit anak.

Biasanya, para dokter akan menyarankan bahwa untuk bayi, jenis sabun yang digunakan adalah sabun berbusa yang aman ataupun yang memiliki busa yang tak terlalu banyak. Hal ini untuk menghindarkan si kecil dari alergi ya Bunda. Nah, jika Bunda bingung sabun bayi merk apa saja yang sebaiknya digunakan, yuk simak ulasan berikut!

sabun bayi

Bunda, Begini Cara Memilih Sabun Bayi Terbaik untuk Si Kecil!

  1. Bayi baru lahir hingga 3 bulan

Secara umum, sabun bayi dibagi menjadi dua jenis. Yakni sabun bayi yang baru lahir dan sabun bayi setelah bayi tersebut berumur 3 bulan ke atas. Untuk jenis sabun bayi yang baru lahir, Bunda bisa memilih sabun bayi dengan jenis busa. Hal ini direkomendasikan untuk bayi karena sangatlah praktis digunakan dan akan memudahkan Bunda dalam memandikan si kecil. Selain itu, kemasannya yang berbentuk pompa atau pump juga akan membantu Bunda untuk lebih menjaga si kecil yang butuh perhatian ekstra, karena bisa diambil dengan menggunakan satu tangan saja.

Karena jenis sabun adalah sudah berbentuk busa, maka kandungan yang ada dalam sabun ini pun akan lekas membersihkan kotoran di tubuh bayi loh. Nah karena bentuknya juga sudah berupa busa, maka Bunda tak akan kesulitan saat tiba di proses pembilasan. Tekstur busa yang notabenenya tak licin juga akan membuat Bunda tenang.

  1. Setelah usia 3 bulan

Jenis sabun bayi kedua adalah sabun bayi setelah si kecil berusia 3 bulan ke atas yah. Biasanya sabun yang digunakan adalah sabun bayi yang berbentuk cair. Hal ini karena sabun cair mengandung kandungan anti bakteri yang lebih banyak dibandingkan dengan sabun berbusa. Selain itu, si kecil juga sudah bisa didudukkan di bak sehingga proses pengambilan sabun bisa dilakukan dengan lebih mudah.

Baca Juga :  Pakai Salep Jerawat Vitacid, Dijamin Harga Terjangkau!

Meski memiliki kandungan yang lebih oke, Bunda tetap harus berhati-hati yah. Hal ini karena jenis sabun ini membutuhkan waktu pembilasan yang lebih lama dibandingkan dengan sabun bayi jenis busa. Selain itu, biasanya juga masih ada sisa-sisa sabun yang tertinggal di bagian tubuh si kecil sehingga Bunda harus membasuh tubuh si kecil lagi.

Nah demikianlah ulasan dari cara memilih sabun bayi untuk si kecil yah. Hal yang harus diingat adalah, kulit si kecil biasanya cenderung mudah kotor dan berkeringat. Maka, tak jarang produk sabun menambahkan kandungan basa dengan tujuan memberi efek cepat dalam membersihkan tubuh si kecil.

Namun, kandungan basa ini ternyata tak berlaku untuk semua jenis kulit. Untuk jenis kulit kering misalnya, kandungan basa ini malah akan menyebabkan kulit terasa kencang, tertarik, dan dapat membuat kulit bayi menjadi kasar. Oleh sebab itu, Bunda tetap harus berhati-hati yah.

Hal lain yang perlu diperharikan adalah, sabun dengan jenis busa harganya lebih mahal dibandingkan dengan sabun cair biasa. Jadi saat Bunda memutuskan untuk memilih jenis sabun yang mana, jangan lupa siapkan uang dan baca kandungannya terlebih dahulu ya!