Makeup merupakan sebuah alat untuk membuat kecantikan semakin terpancar. Alat tersebut mampu membuat perempuan tampil lebih cantik dan bisa menutup beberapa kekurangan yang mereka miliki. Salah satu produk makeup yang sering diabaikan oleh para wanita adalah primer. Primer merupakan produk yang digunakan untuk mengisi pori-pori atau memberikan lapisan pertama ketika makeup. Pemakaian primer pada kulit dapat memberikan hasil yang berbeda dengan kulit yang tidak menggunakan primer. Hasilnya pun memiliki perbedaan yang cukup besar untuk keseluruhan tampilan makeup anda.

Di sisi lain, penggunaan primer pada makeup dapat memberikan manfaat tersendiri. Ketika menggunakan primer transparan, primer tersebut akan mengontrol tone warna kulit anda serta akan menghilang (tidak terlihat) secara perlahan. Selain itu, primer bermanfaat untuk mengurangi penggunaan foundation pada wajah yang berlebih. Penggunaan primer tersebut tentunya perlu memperhatikan jenis kulit yang akan dirias. Jika anda baru dalam dunia makeup, maka simak beberapa jenis primer yang bagus sesuai dengan kebutuhan kulit atau cocok dengan jenis kulit anda.

  1. Color-Correcting

Primer ini biasanya digunakan untuk meratakan warna kulit wajah. Prinsip kerjanya seperti konsep roda warna, dimana pemberian primer ini akan membuat warna yang berlawanan akan dihapus dengan warna yang diberikan primer. Jika anda ingin mencerahkan area gelap bawah mata, maka berilah warna pink untuk mencerahkan area tersebut. Jenis primer ini dapat mengatasi masalah warna complexion yang tidak merata.

  1. Illuminating

Primer ini digunakan untuk membuat hasil akhir makeup agar tampak dewy dan glowing. Primer ini membuat kulit anda terlihat halus dan glowing. Selain itu, primer ini dapat membuat wajah yang kusam berubah menjadi lebih cerah. Penggunaan primer ini cocok bagi anda yang tidak memakai foundation namun, ingin tetap memiliki warna kulit yang cerah dan halus.

  1. Hydrating

Primer ini cocok untuk mengatasi masalah dari hasil penggunaan foundation yang tidak merata serta terlihat patchy atau flaky. Masalah tersebut muncul akibat kulit kering pada wajah sehingga hasil penggunaan foundation tidak merata. Primer ini dapat mengatasi masalah tersebut karena dapat membuat wajah kembali lembab dan menghilangkan kulit kering pada wajah. Biasanya primer ini digunakan pada kulit yang kering. Primer yang bagus dapat membuat kadar lembab pada wajah semakin meningkat dan dapat mengatasi kulit kering pada wajah.

  1. Blurring

Primer ini digunakan untuk mengatasi adanya permukaan kulit yang tidak rata akibat kerutan maupun pori-pori yang besar. Primer ini memiliki kemampuan untuk menyamarkan permukaan wajah yang tidak rata dengan menggunakan formula untuk mengisi kekosongan pada pori-pori sehingga wajah terlihat lebih halus dan lembut. Jika anda memiliki tekstur wajah yang kurang rata akibat memiliki pori-pori yang besar, maka primer jenis ini dapat menjadi solusi bagi tekstur wajah anda.

  1. Mattifying

Biasanya primer jenis ini banyak digunakan pada permukaan wajah yang sering menghasilkan minyak. Primer ini memiliki kemampuan untuk menahan minyak pada wajah. Primer ini sangat cocok bagi anda yang memiliki jenis kulit kombinasi. Karena primer ini dibuat untuk menyamarkan tampilan pori-pori. Primer ini juga mampu bertahan seharian pada kulit yang berminyak. Jadi jangan khawatir lagi karena primer yang bagus dapat menahan minyak  yang dihasilkan wajah dalam waktu yang cukup lama.

Baca Juga :  Harga Serum Wardah untuk Mencerahkan Kulit Wajah Tidak Mahal