Beruntusan adalah sebuah kondisi kulit yang mengalami bintik-bintik merah dan rasanya gatal. Beruntusan bisa juga terjadi pada kulit wajah yang membuat wajah kurang enak dipandang. Banyak hal yang dapat menyebabkan beruntusan, di antaranya karena polusi udara, alergi terhadap bahan kimia, gigitan serangga, dan cuaca udara. Cara menghilangkan beruntusan dengan cepat dan aman dapat dilakukan dengan treatment yang baik.

Biasanya penderita kulit beruntusan selalu menggaruk bagian beruntusan karena gatal. Padahal ketika menggaruknya, hal itu dapat memicu masalah kulit yang lain. Penanganan yang kurang tepat dapat menyebabkan beruntusan menyebar ke bagian kulit yang lain. Untuk itu, ada baiknya jika kulit beruntusan ditangani dengan bahan-bahan alami. Berikut cara meghilangkan beruntusan dengan cepat dan aman dengan bahan alami.

1. Sari Cuka Apel

Sari cuka apel memiliki banyak manfaat, bisa digunakan untuk memasak, dikonsumsi secara langsung, dan bisa juga untuk perawatan kulit. Sari cuka apel mengandung sari apel yang diolehdari bahan mentah dan organik serta mengandung zat asam asetat yang mampu menenangkan kulit dan menyembuhkan kulit karena infeksi.

Cara menggunakannya sangat mudah. Pertama, sediakan sedikit cuka apel dan campurkan dengan air. Celupkan kapas ke dalam cuka apel yang sudah dicampurkan dengan air kemudian letakkan pada wajah yang mengalami beruntusan. Diamkan selama beberapa menit dan angkat ketika sudah mulai mengering. Lakukan perawatan ini selama 2- 3 kali seminggu.

2. Lidah Buaya

Lidah buaya memiliki manfaat untuk kecantikan. Di dalam lidah buaya terdapat antijamur, antibakteri, dan emolien. Jika dipakai untuk kulit, kandungan lidah buaya dapat melembabkan sekaligus menutrisi kulit yang kering.

Beruntusan bisa juga disebabkan oleh cuaca yang panas atau gigitan serangga. Dengan memakai lidah buaya maka, kulit akan terasa lembab dan perlahan dapat mengempiskan serta mengurangi rasa gatal pada beruntusan yang meradang.

Baca Juga :  Pixy Lip Cream Mate, Rentetan Best Lip Cream 2018 Dari Brand Lokal,

Cara menggunakannya yaitu, potong lidah buaya menjadi potongan yang kecil. Lalu kupas kulitnya hingga gel pada lidah buaya dapat terlihat. Setelah itu, ambil gelnya dan usapkan pada kulit yang beruntusan. Oleskan secara perlahan dan diamkan selama kurang lebih 20menit. Gel yang dihasilkan lidah buaya dapat memberikan rasa tenang dan dingin. Jika Anda tidak memiliki tanaman lidah buaya, saat ini banyak sekali brand kecantikan yang menjual ekstrak gel lidah buaya atau yang lebih popular dengan nama aloe vera. Lakukanperawatan ini secara rutin maka beruntusan pada wajah akan menghilang secara perlahan.

3. Minyak Zaitun

Minyak zaitun adalah salah satu bahan yang sering digunakan untuk mempercantik kulit. Bagaimana tidak? Minyak zaitun memiliki kandungan vitamin E yang sangat tinggi dan bagus untuk kulit. Minyak zaitun juga memiliki kandungan antioksidan yang dapat melawan beruntusan yang memerah.

Cara menggunakannya sangat mudah. Anda bisa mencampurkan minyak zaitun dengan madu. Kemudian oleskan bahan tersebut pada bagian wajah yang beruntusan. Diamkan beberapa saat kemudian cuci hingga bersih.

4. Oatmeal

Oatmeal bukan hanya untukdikonsumsi tetapi juga untuk perawatan wajah. Beberapa masalah wajah yang dapat diatasi dengan menggunakan oatmeal adalah jerawat, cacar, alergi, dan tentu saja beruntusan. Oatmeal memiliki kandungan yang sangat bagus untuk dijadikan masker wajah.

Cara menggunakannnya, yaitu blender oatmeal secukupnya hingga oatmeal menjadi sangat lembut. Kemudian tambahkan sedikit air hangat hingga mengental. Setelah itu, oleskan pada wajah yang beruntusan. Diamkan selama 15 menit lalu basuh dengan bersih.

Itulah bahan-bahan alami yang bisa Anda gunakan untuk menyembuhkan beruntusan. Jangan lupa dicoba, ya!